15th December 2019
Toll Free: 0800-123-456
pertemuan-tahunan-amli-2019

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Manado (FMIPA UNIMA) telah berpartisipasi dalam Rapat Tahunan Asosiasi MIPA LPTK Indonesia (AMLI) Tahun 2019. Kegiatan ini dilaksanakan di Kota Bandung dan yang menjadi penyelenggara adalah Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari sejak tanggal 11 Oktober 2019 sampai dengan 12 Oktober 2019.

Anggota-anggota yang termasuk dalam AMLI adalah utusan dari setiap Fakultas bidang MIPA yang termasuk dalam LPTK (Lembaga Perguruan Tinggi Kependidikan) yang terdiri dari 12 Universitas ternama yang tersebar diseluruh daerah di Indonesia. FMIPA UNIMA termasuk salah satu anggota AMLI yang selalu berpartisipasi dalam mensukseskan kegiatan AMLI ini.

Kegiatan AMLI Tahun 2019 membicarakan tentang kemajuan-kemajuan serta inovasi-inovasi yang telah dan sementara dilakukan dan meerupakan program untuk memajukan pendidikan MIPA di Indonesia. Beberapa program yang telah disepakati adalah sebagai berikut :

Bidang kurikulum: 

  • Penentuan matakuliah mayor dan minor dan pembelajaran relatif sama 2 semester pada seluruh anggota AMLI.
  • Reorientasi kurikulum agar sesuai dengan tuntutan baru yang telah digariskan oleh Kemristekdikti menyahuti revolusi industri 4.0
  • Perlu dipertimbangkan jenis dan distribusi matakuliah yang bisa mengakomodasi pertukaran mahasiswa dengan baik (seperti Permata, Pertukaran Bilateral antar anggota AMLI, dan lain-lain).

Bidang Lain:

  • Hibah Student Exchange dari Belmawa dan membagi informasi tersebut terhadap seluruh anggota AMLI.
  • Pengembangan AMLI School, semacam summer school, yang bisa diikuti oleh mahasiswa dan diakui sebagai beban kredit oleh masing-masing anggota AMLI. AMLI School bisa direncanakan diantara semester genap dan semester ganjil setiap tahun.
  • Pelaksanaan kegiatan Pertukaran Dosen antar anggota AMLI (sebagai pemberi kuliah, pembimbing dan/atau penguji) dan mahasiswa (melaksanakan penelitian, dibimbing dan/atau diuji dosen lain anggota AMLI).(4)Penjaminan Mutu dan Akreditasi: AUN QA dan Quality Assurance System ASTEN untuk Pendidikan Guru
  • Penguatan Program PPG 

Hasil pertemuan ini merekomendasikan beberapa hal sebagai berikut

  • Sinkronisasi kurikulum Prodi perlu mendapat perhatian yang 
  • lebih besar karena alasan berikut: (a) menyahuti revolusi industri 4.0, (b) mobilitas mahasiswa dan dosen antar anggota AMLI
  • Kolaborasi dalam bidang penelitian, publikasi dan pengabdian   perlu dukungan pendanaan dari berbagai sumber (institusi  sendiri dan/atau pihak eksternal)
  • Penjaminan mutu dan akreditasi program studi membutuhkan kerjasama yang lebih intens antar anggota AMLI

Berikut ini beberapa foto kegiatan yang diikuti oleh utusan FMIPA UNIMA.

Leave a Reply